N E W S
INDONESIA RELIEF USA

Gempa Bumi di Donggala, Satu Orang Dilaporkan Meninggal

Bencana alam gempa disusul tsunami menimpa beberapa wilayah di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9). Gempa pertama dengan skala magnitudo 5,4 tercatat oleh Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada pukul 14.00 WIB.

Kemudian pada 17.02 WIB (atau sebelum salat maghrib merujuk waktu Indonesia tengah seperti dituturkan korban selamat), getaran kembali terasa dengan kekuatan lebih besar, mencapai 7,7 skala magnitudo, memicu peringatan tsunami. Terbukti kemudian air laut di beberapa titik pesisir Sulawesi Tengah surut.

IKLAN momen kurang dari 20 detik, gelombang air menghantam rumah-rumah dan cepat menyasar gedung-gedung sekitar. Sebuah masjid, dalam sebuah rekaman amatir, turut terkena hantaman tsunami. BMKG mengkonfirmasi keaslian video tersebut dan menyatakan tsunami memang terjadi di Palu ditambah dua wilayah lain, yakni Donggala dan Mamuju, sore waktu setempat. Berikut rekaman tsunami oleh warga yang sebelumnya beredar di media sosial:

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyatakan ketinggian gelombang tsunami yang terekam kamera warga diperkirakan bervariasi, antara satu hingga dua meter. Rahmat memastikan arus tsunami di daratan Ibu Kota Sulteng telah berakhir pada 17.36 WIB. Belum ada tanda-tanda akan terjadi bencana susulan, walau hingga pukul 21.00 WIB otoritas pemantau gempa mencatat terjadi 31 kali lindu susulan dengan skala lebih kecil di kawasan Donggala dan sekitarnya. "BMKG sudah memberikan warning, dan itu telah berakhir. Daerah pantai Palu sudah dinyatakan aman," ujarnya dalam konferensi pers.

Dalam rekaman amatir lainnya, warga membagikan suasana panik di jalanan Kota Palu ketika peringatan tsunami menyebar serta kerusakan yang terjadi di kawasan mal beberapa menit setelah gempa 7,7 terjadi. Banyak warga yang sedang di pesisir Kota Palu merekam proses surutnya air laut menggunakan kamera ponsel dari parkir lantai atas Palu Grand Mall.



VIDEO :

NEWS FROM INDONESIA

UPDATE :
BPBD: 78 Orang Tewas dan 3 Hilang akibat Banjir dan Longsor di Sulsel

Jumlah korban meninggal dunia akibat banjir dan longsor yang terjadi di Sulawesi Selatan, sampai dengan Rabu (30/1/2019), mencapai 78 orang.

Bantuan dari INDONESIA RELIEF USA

Bantuan dari INDONESIA RELIEF USA, yang ditujukan untuk membiayai biaya pengabdian masyarakat environmental heroez "Arghi Karsa Project periode 2018-2019 "

UPDATE TERAKHIR KORBAN TSUNAMI ANYER DAN LAMPUNG SUMBER BNPB

Penanganan darurat terus dilakukan di daerah yang terdampak tsunami di kawasan Pantai Anyer, Banten dan Lampung Selatan

Update Data Korban Gempa di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat

Terjadi rangkaian gempa di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat ....

Breakings News...Update #PrayForDonggala

Gempa Donggala Sulteng, Kondisi Terkini, Data Jumlah Korban, Foto & Video Tsunami Info BMKG

Gempa Bumi di Donggala, Satu Orang Dilaporkan Meninggal

BMKG mengkonfirmasi terjadi tsunami diperkirakan hingga setinggi dua meter di Ibu Kota Sulawesi Tengah dan dua kota lain.

Donggala Rentan Bencana Alam

SULTENG RAYA Pjs Bupati Donggala, Muh. Muchlis memimpin apel siaga pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Gempa 7,7 SR di Donggala Sulteng

Gempa 7,7 SR di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/09/2018). Terkait NTB Diguncang Gempa Bertubi-tubi, Ini Kata TGB Gempa Berkali-kali Malam Ini di NTB >5 SR Gempa Lagi di NTB 7 SR Malam Ini

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR)

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengakibatkan 82 orang tewas di Nusa Tenggara Barat (NTB).