N E W S
INDONESIA RELIEF USA

Donggala Rentan Bencana Alam

SULTENG RAYA – Pjs Bupati Donggala, Muh. Muchlis memimpin apel siaga pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2018 di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Kamis (26/4/2018).

Pjs Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan hasil kajian risiko bencana yang diterbitkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2015, ditetapkan 11 jenis potensi bencana di Kabupaten Donggala, dimana 9 diantaranya memiliki indeks risiko bencana sedang sampai tinggi.

Kesembilan risiko bencana ini telah terjadi di Kabupaten Donggala, yaitu: Banjir Bandang, Gempa Bumi, Tsunami, Gelombang Pasang, Puting Beliung, Kekeringan, Tanah Longsor, Kebakaran Lahan / Hutan dan Kebakaran Gedung/Pemukiman.

Dengan berbagai ancaman bahaya bencana ini, maka perlu diperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana setiap tanggal 26 April untuk mengingatkan bahwa Kabupaten Donggala memiliki tingkat kerentanan, keterpaparan masyarakat dan potensi ancaman sangat besar.

“Maka diperlukan perhatian pemerintah dalam mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana melalui pelatihan dan sosialisasi,” kata pjs bupati M. Muchlis.

Tema yang diusung pada HKBN ini: Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Kita, Keluarga Dan Komunitas, yang dimaksudkan sebagai upaya untuk merubah prilaku masyarakat menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan seluruh komponen pemerintah, oganisasi, masyarakat, komunitas serta keluarga dan individu itu sendiri.

“Kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana ini dengan pesan berupa, tagline: siap untuk selamat,” ujarnya.

Apel siaga yang dihadiri Wakapolres Donggala, Kompol Abubakar Djafar dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Kabupaten Donggala ini, dilakukan pula atraksi bongkar pasang perahu lipat.

VIDEO :

NEWS FROM INDONESIA

UPDATE :
BPBD: 78 Orang Tewas dan 3 Hilang akibat Banjir dan Longsor di Sulsel

Jumlah korban meninggal dunia akibat banjir dan longsor yang terjadi di Sulawesi Selatan, sampai dengan Rabu (30/1/2019), mencapai 78 orang.

Bantuan dari INDONESIA RELIEF USA

Bantuan dari INDONESIA RELIEF USA, yang ditujukan untuk membiayai biaya pengabdian masyarakat environmental heroez "Arghi Karsa Project periode 2018-2019 "

UPDATE TERAKHIR KORBAN TSUNAMI ANYER DAN LAMPUNG SUMBER BNPB

Penanganan darurat terus dilakukan di daerah yang terdampak tsunami di kawasan Pantai Anyer, Banten dan Lampung Selatan

Update Data Korban Gempa di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat

Terjadi rangkaian gempa di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat ....

Breakings News...Update #PrayForDonggala

Gempa Donggala Sulteng, Kondisi Terkini, Data Jumlah Korban, Foto & Video Tsunami Info BMKG

Gempa Bumi di Donggala, Satu Orang Dilaporkan Meninggal

BMKG mengkonfirmasi terjadi tsunami diperkirakan hingga setinggi dua meter di Ibu Kota Sulawesi Tengah dan dua kota lain.

Donggala Rentan Bencana Alam

SULTENG RAYA – Pjs Bupati Donggala, Muh. Muchlis memimpin apel siaga pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Gempa 7,7 SR di Donggala Sulteng

Gempa 7,7 SR di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/09/2018). Terkait NTB Diguncang Gempa Bertubi-tubi, Ini Kata TGB Gempa Berkali-kali Malam Ini di NTB >5 SR Gempa Lagi di NTB 7 SR Malam Ini

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR)

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengakibatkan 82 orang tewas di Nusa Tenggara Barat (NTB).